DASAR – DASAR KOMUNIKASI KANTOR
1. Pengertian Komunikasi
a. Menurut Kamus
Menurut kamus umum bahasa Indonesia komunikasi berarti hubungan.
b. Menurut Ensiklopedia
Menurut ensiklopedia pengertian komunikasi adalah penyelenggara tata hubungan kegiatan menyampaikan warta dari satu pihak kepada pihak lain.
Komunikasi adalah suatu proses kegiatan penyampaian warta/ informasi/ pesan yang mengandung arti dari satu pihak kepada pihak lain dalam usaha untuk mendapatkan saling pengertian.
2. Unsur-Unsur atau Komponen Komunikasi.
a. Sumber atau pengirim (Sender)
Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
b. Penerima (Receiver)
Penerima komunikasi disebut sebagai komunikan adapun pihak yang menjadi tujuan untuk dikirim pesan oleh sumber (komunikator)
c. Pesan (Message)
Pesan adalah informasi yang disampaikan oleh pengirim pesan kepada penerima (komunikan)
d. Media
Media adlah alat yang digunakan dalam berkomunikasi untuk memindahkan pesan (informasi) dari sumber kepada penerima.
e. Protokol
Protokol adalah aturan yang disepakati para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan.
f. Efek
Efek adalah pengaruh yang dipikirkan dan dirasakan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan.
g. Umpan balik (Feedback)
Umpan balik adalah sebuah bentuk tanggapan balik dari penerima pesan setelah memperoleh pesan yang diterima atau yang telah disampaikannya.
h. Saluran (Channal)
Saluran adalah media diamana pesan disampaikan kepada komunikan.
3. Faktor Komunikasi.
a. Harapan
Harapan memengaruhi penerimaan pesan sehingga dapat menerima pesan sesuai dengan yang diharapkan.
b. Latar Belakang Budaya
Pola pikir seseorang akan memengaruhi interpretasi suatu pesan.
c. Situasi
Prilaku manusia dipengaruhi oleh lingkungan dan situasi.
d. Ikatan Kelompok
Nilai-nilai yang dianut oleh suatu kelompok sangat memengaruhi cara mengamati sebuah pesan.
e. Pendidikan
Semakin tinggi pendidikan seseorang akan semakin kompleks sudut pandangnya dalam menyikapi pesan yang disampaikan.
4. Faktor Komunikasi Secara Umum
Secara umum terdapat 7 faktor komunikasi yaitu sebagai berikut :
1. Clarity (Kejelasan)
2. Channel of Distribution (Saluran Pengiriman Berita)
3. Context (Perhubungan)
4. Credibility (Kepercayaan)
5. Capability of Audience (Kemampuan Komunikan)
6. Content (Isi)
7. Continuity & Consistency (Kesinambungan dan Konsistensi)
5. Proses, Prinsip, Media, dan Jenis Komunikasi
a. Proses Komunikasi
Adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya.
b. Media Komunikasi
Adalah sarana dalam bidang komunikasi yang digunakan sebagai perantara untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya.
c. Jenis Komunikasi
Jenis media komunikasi dibedakan menjadi 2 yaitu :
1) Jenis Komunikasi Berdasarkan Fungsinya
Jenis komunikasi berdasarkan fungsinya dapat dibedakan menjadi berikut ini.
a) Fungsi Penyampaian Informasi
Adalah media komunikasi yang digunakan untuk menyebarluaskan dan menyampaikan pesan kepada komunikan yang menjadi sasarannya.
Contoh : Telepon dan Faksimile
b) Fungsi Produksi
Adalah media komunikasi yang dapat digunakan untuk menghasilkan suatu informasi.
Contoh : Komputer pengolah data
c) Fungsi Reproduksi
Adalah media komunikasi yang memiliki fungsi untuk memproduksi ulang dan mengadakan informasi.
Contoh : audio tape recorder dan video tape
2) Jenis Komunikasi Berdasarkan Jangkauan Penyebarannya
Jenis komunikasi berdasarkan jangkauan penyebarannya dapat dibedakan menjadi berikut ini.
a) Media Komunikasi Internal
Adalah semua sarana penyampaian dan penerimaan informasi di kalangan publik internal. Publik internal ini merupakan penerima maupun pengirim informasi.
Media yang digunakan secara internal antara lain :
(1) Majalah bulanan atau in house journal
(2) Surat Media Pertemuan dan pembicaraan
(3) Telepon
(4) Media komunikasi dan publikasi berupa barang cetakan
(5) Papan pengumuman
(6) Surat
b) Media Komunikasi Eksternal
Adalah media komunikasi yang digunakan untuk menjalin hubungan dan menyampaikan informasi dengan pihak-pihak luar.
Media komunikasi eksternal yang biasa digunakan antara lain sebagai berikut.
(1) Media cetak
(2) Radio
(3) Televisi
(4) Telepon
(5) Handphone
d. Prinsip Komunikasi
Ada 12 prinsip komunikasi menurut Deddy Mulyana, Ph.D, antara lain sebagai berikut.
1) Komunikasi adalah suatu proses simbolik
2) Setiap prilaku mempunyai potensi komunikasi
3) Komunikasi memiliki dimensi isi dan hubungan
4) Komunikasi itu berlangsung dalam berbagai tingkat kesengajaan
5) Komunikasi terjadi dalam konteks ruang dan waktu
6) Komunikasi melibatkan prediksi peserta komunikasi
7) Komunikasi itu bersifat sistemik
8) Semakin mirip latar belakang sosial budaya maka komunikasi semakin efektif
9) Komunikasi bersifat nonsekuensial
10) Komunikasi bersifat prosesual, dinamis, dan transaksional
11) Komunikasi bersifat irreversible
12) Komunikasi bukan panasea untuk menyelesaikan berbagai masalah
6. Etika dan Kepribadian
- Etika menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban. Etika seseorang akan tercermin dari kepribadiannya.
- Kepribadian dari diri seseorang merupakan suatu cerminan dari kesuksesan.
-
7. Etiket di Kantor
Kata etiket berasal dari bahasa Prancis etiquette, yang berarti sopan santun dan tata cara pergaulan yang baik antara sesama manusia. Etiket kantor sangat diperlukan oleh seorang karyawan dalam menjalankan aktivitasnya di kantor.
Berikut ini etiket yang harus dimiliki seseorang saat di kantor.
a. Perkenalan
b. Ucapan Salam
c. Urusan-Urusan Pribadi
d. Loyalitas
e. Menjaga dan Pandai Menyimpan Rahasia
f. Ikut Memikirkan Orang Lain
g. Sukses Bergaul dengan Teman Sekantor
Penulis : Adinda Margareta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan berkomentar menggunakan hati nurani dan tidak mengandung SARA, SEX, dan Politik.